Pengertian Intervensi

2 min read

Pengertian Intervensi

Intervensi adalah? Intervensi artinya berasal dari kata serapan dalam bahasa Inggris “intervention” yang memiliki arti campur tangan. Intervensi merupakan salah satu kata yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, oleh karena itu disini freedomnesia akan membahasa apa itu arti intervensi (lengkap).

Pengertian Intervensi

Intervensi adalah sebuah perbuatan atau tindakan campur tangan yang dilakukan oleh individu/kelompok terhadap perselisihan antar dua pihak (orang, golongan, negara, dan sebaginya). Intervensi merupakan upaya mencampuri, mempengaruhi dan mengendalikan pihak yang sedang berselisih untuk mewujudkan suatu tujuan tertentu terhadap pihak yang diintervensi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), intervensi adalah campur tangan dalam perselisihan antara dua pihak (orang, golongan, negara, dan sebagainya). Menginterversi merupakan upaya melakukan intervensi, dan terintervensi adalah yang dijadikan sasaran intervensi.

Menurut Wikipedia.org, Intervensi adalah sebuah istilah yang digunakan dalam dunia politik, dimana ada negara yang mencapuri suatu urusan di negara lain yang jelas bukan urusannya. Sedangkan definisi lainnya, intervensi diartikan sebagai campur tangan yang sifatnya berlebihan dalam urusan politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

Menurut Dr. Wirjono Prodojodikoro, intervensi adalah suatu campur tangan negara asing yang sifatnya menekan menggunakan alat kekerasan atau dengan ancaman melakukan kekerasan, apabila keinginannya tidak terpenuhi.

Menurut J.G. Starke, intervensi adalah suatu bentuk propaganda atau kegiatan lainnya yang dilakukan oleh suatu negara dengan tujuan untuk mendorong terjadinya revolusi atau perang saudara di negara lain.

Menurut Dr. Wijono Prodojodikoro, intervensi adalah suatu campur tangan yang dilakukan oleh pihak ketiga dan bertujuan untuk mengancam atau menekan salah satu pihak lainnya yang sedang bersengketa. Intervensi ini dilakukan agar keinginan dari salah satu pihak tersebut dapat terpenuhi.

Menurut Parry dan Grant, intervensi adalah suatu tindakan turut campurnya sebuah negara secara diktator terhadap negara lain yang tujuannya adalah untuk menjaga atau pun mengubah kondisi aktual tertentu.

Baca juga: Pengertian Mediasi

Macam Intervensi

Pengertian Intervensi

Berikut macam-macam intervensi dalam berbagaia bidang, mulai dari pemerintah, kesehatan, keperawatan. Berikut penjelasannya masing-masing.

1. Intervensi Pemerintah

Intervensi pemerintah adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh pihak yang memiliki kedudukan atau kekuasaan tinggi untuk ikut campur dalam perselisihan antara dua pihak yang sedang bertikai. Intervensi pemerintah ini dilakukan guna menekan salah satu pihak dengan tujuan yang baik.

Umumnya intervensi ini memiliki tujuan melancarkan perencanaan kerja dalam sebuah pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik dan untuk meningkatkan kualitas kebijakan menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya.

2. Intervensi Keperawatan

Intervensi keperawatan adalah campur tangan yang dilakukan seorang dokter atau perawat untuk menemukan solusi terbaik guna membantu pasiennya. Dengan demikian, intervensi keperawatan ini bertujuan mengatasi berbagai masalah yang diderita oleh pasiennya agar cepat membaik dan sembuh. Umumnya intervensi keperawatan memiliki tujuan yang sangat baik.

Menurut Gordon (1994), intervensi keperawatan adalah tindakan campur tangan yang dilakukan oleh perawat dan dokter yang dibuat untuk membantu pasien atau kelien berasil ke tahapan kesehatan yang diinginkan atau kesembuhan total.

3. Intervensi Kesehatan

Intervensi kesehatan adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk kepentingan pasien. Tidakan ini umumnya dilakukan berdasarkan instruksi dari seorang dokter atau pihak lain yang memiliki kekuasaan di bidang kesehatan. Instruksi atau tindakan tersebut tidak hanya berasal dari seorang dokter, tetapi juga berasal dari keputusan hasil diskusi dokter dengan perawatnya untuk mendapatkan solusi terbaik bagi pasiennya.

Manurut Bulechek dan McClosket (1994), intervensi kesehatan adalah tindakan rasional yang dengan sengaja dilakukan untuk kepentingan pasien dengan dasar keputusan dokter dan perawat yang melakukan intervensi kolaboratif antar keduanya.

4. Intervensi Psikologi

Intervensi psikologi adalah suatu bentuk layanan psikologi secara individu, berpasangan, kelompok atau keluarga, dimana pasien yang datang ke pusat atau biro psikologi untuk mengobati kondisi psikis tertentu. Contoh intervensi psikologi adalah membayar seorang psikolog untuk perawatan dan terapi atas kondisi traumatis yang diderita.

Nah, itulah pengertian atau definisi mengenai intervensi lengkap, baik secara umu atau menurut para ahli, beserta macam-macam intervensi. Sekian informasi yang dapat freedomnesia bagikan dan semoga bermanfaat untuk Anda semua, terima kasih!

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Lockdown

Poer Poer
1 min read

Arti Ekuitas adalah?

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *