Pengertian Etnosentrisme, Dampak, dan Contoh

2 min read

Pengertian Etnosentrisme, Dampak, dan Contoh

Etnosentrisme adalah? Banyak yang belum pernah mendengar etnosentrisme, mungkin kamu adalah salah satunya. Etnosentrisme merupakan salah satu istilah pada kebudayaan, pasalnya etnosentrisme ini berkaitan dengan budaya lain. Memang sifat seperti ini sering terjadi di setiap negara.

Sebelum mengetahui etnosentrisme tentu sebenarnya kamu sudah pernah melakukan hal itu. Tanpa kamu sadari atau tidak, kamu sudah melakukan hal itu. Walaupun sebenarnya hal itu tidak baik untuk pendapat kamu. Tetapi terkadang beberapa orang melakukannya, entah apa alasannya melakukan hal itu. Jika kamu penasaran seperti apa istilah etnosentrisme, maka saya akan memberitahu kamu mengenai pengertian etnosentrisme yang wajib untuk kamu ketahui. Kamu bisa melihatnya di bawah ini, ya.

Pengertian Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah pendapat seseorang mengenai penilaian kebudayaan negara lain. Biasanya setiap orang menganggap bahwa negaranya merupakan negara yang terbaik termasuk mengenai kebudayaannya. Hal ini tentu bisa menyakiti hati orang lain, orang lain yang mempunyai kebudayaan yang berbeda dari kamu. Tentu akan merasa sakit hati jika kamu melakukan hal ini padanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etnosentrisme adalah suatu sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain

Pengertian Etnosentrisme, Dampak, dan Contoh

Walaupun sepertinya sepele, tetapi kamu tidak boleh menganggap hal itu remeh. Memang hal ini sering terjadi di setiap individu walaupun hal ini dilakukan tanpa sengaja. Selain mengenai budaya, maka kamu tidak boleh menganggap bahwa agama dan negara kamu merupakan yang terbaik. Tentu hal itu bisa membuat pengaruh besar kepada orang lain, memang setiap individu memiliki pendapat yang berbeda-beda. Karena semua orang memang berpendapat bahwa apa yang dimilikinya memang terbaik.

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Menueut Coleman dan Cressey (1984), etnosentrisme adalah seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lain.

Menurut Harris (1985), etnosentrisme adalah kecendurangan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain sehingga hal tersebut mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional seperti melakukan kekerasan,peperangan, tawuran dan sebagainya.

Menurut Levine dan Campbell (dalam scott 1988), etnosentrisme adalah pandangan kelompok tertentu dimana yang berasal dari satu budaya untuk menilai budaya lain yang memiliki nilai berlawanan atau berbeda dengan kebudayaannya.

Menurut Zastrow (dalam lubis 1999), etnosentrisme adalah suatu setiap yang dilakukan oleh kelompok etnis secara tertutup tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok lainnya.

Menurut Sumnel (dalam lubis 1999), etnosentrisme adalah kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya yang mementingkan diri sendiri lebih unggul dari orang lain dan menjadi seorang Individualistik.

Baca juga: Pengertian Eutrofikasi

Selain itu, etnosentrisme bisa dikatakan sebagai fanatisme pada suatu suku bangsa. Setiap suku bangsa tentu merasa bahwa sukunya memang yang paling terbaik daripada suku bangsa yang lainnya. Tetapi kenyataanya, ada suku bangsa yang lain yang lebih baik dari suku bangsa kamu. Ini bisa dikatakan bahwa kamu memiliki sifat yang fanatis pada suku bangsa yang kamu miliki. Selain mengenai penilaian, maka etnosentrisme bisa disebut sebagai suatu persepsi dari seseorang mengenai suatu hal.

Dampak Etnosentrisme

Etnosentrisme biasanya dialami oleh banyak manusia. Dan mungkin kamu adalah salah satunya yang pernah melakukan etnosentrisme. Terkadang etnosentrisme bisa baik bagi sisi positif dan etnosentrisme juga mempunyai sisi negatif pada diri manusia. Sisi positif dari etnosentrisme adalah orang tersebut akan merasa bangga dengan negaranya dan berusaha untuk menjaga kesatuan bangsanya.

Sedangkan untuk sisi negatif yang akan ditimbulkan oleh etnosentrisme adalah bisa menimbulkan konflik antar suku satu dengan yang lainnya, bisa terjadinya konflik antar budaya dan masih banyak lagi. Dengan adanya sisi negative tersebut bisa menimbulkan pepecahan pada suatu negara.

Contoh Etnosentrisme

Contoh etnosentrisme cukup banyak sekali, di Indonesia diantaranya adalah mengenai perilaku carok dalam masyarakat Madura. Menurut Latief Wiyata, carok merupakan suatu tindakan atau upaya pembunuhan yang dilakukan oleh laki-laki bila harga dirinya terusik.

Sepintas, konsep carok dianggap sebagai perilaku yang cukup brutal dan tidak masuk akal. Karena carok dianggap sebagai penyelesaian masalah dengan jalur kekerasan yang tidak masuk akal dan tidak manusiawi. Namun bagi masyarakat Madura, harga diri merupakan konsep yang sakral dan harus selalu dijunjung tinggi dalam masyarakat.

Oleh karena itu, terjadi perbedaan penafsiran mengenai masalah carok ini antara masyarakat Madura dan kelompok masyarakat lainnya karena tidak adanya pemahaman atas konteks sosial budaya terjadinya perilaku carok tersebut dalam masyarakat Madura tersebut. Contoh etnosentrisme dalam menilai secara negatif konteks sosial budaya terjadinya perilaku carok dalam masyarakat Madura tersebut telah banyak ditentang oleh para ahli ilmu sosial.

Setiap orang memang tidak mengatakan bahwa bangsanya adalah bangsa yang terbaik, tetapi walaupun hal itu tidak tampak tetap saja hal itu akan terjadi. Setiap orang hanya merasakan hal itu walaupun tidak membicarakan mengenai bangsanya yang terbaik. Terkadang kamu sendiri tidak pernah berpikir bagaimana persepsi itu muncul. Dan kenapa kamu bisa bangga pada bangsa kamu sendiri. Hal ini bisa dikatakan sebagai kewajaran karena memang setiap orang menginginkan banyak orang yang menyukai bangsanya.

Demikian penjelasan saya mengenai pengertian etnosentrisme. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi orang lain. Semoga artikel ini bisa menghibur kamu, ya.

Pengertian Imitasi

Avatar Freedoms
2 min read

Arti dan Kepanjangan GWS

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Intervensi

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *