Pengertian Densitas

2 min read

Pengertian Densitas

Apa yang dimaksud dengan densitas? Menurut Wikipedia.org, densitas adalah nama lain dari massa jenis atau rapatan, yaitu suatu pengukuran massa pada setiap satuan volume pada sebuah benda. Jadi, semakin tinggi massa jenis pada suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap vilumnya.

Pada umumnya, massa jenis pada setiap benda rata-rata merupakan tital massa yang dibagi dengan total volumnya. Dengan demikian, bila dicontohkan pada benda yang memiliki mass jenis lebih tinggi seperti besi, maka volume yang dimiliki lebih rendah daripada benda yang bermassa sama yang memiliki mssa jenis lebih rendah seperti air.

Pengertian Densitas

Densitas adalah suatu besaran kerapatan massa benda yang dinyatakan dalam berat benda per-satuan volume benda tersebut. Densitas dapat membantu menerangkan mengapa benda yang memiliki ukuran sama namun beratnya berbeda.

Dalam  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), densitas (den·si·tas/ /dénsitas/ n) memiliki arti kerapatan atau kepadatan.

Jadi, benda yang berukuran lebih besar belum tentu lebih berat daripada benda yang lebih kecil. Contohnya seperti sebutir kelerang yang memiliki ukuran kecil lebih berat dibandingkan dengan sebuah spons pencuci piring yang lebih besar.

Pengertian Densitas Menurut Para Ahli

Menurut Halliday (1991), densitas adalah nilai yang menunjukkan besarnya perbandingan antara massa benda dengan volume benda, massa jenis pada suatu benda memiliki sifat tetap artinya jika ukuran benda dubah maka massa jenisnya masih tetap, hal tersebut disebabkan karena kenaikan massa benda dan kenaikan volume benda diikuti secara linier dengan kenaikan volume atau massa benda.

Menurut Mariana, Z.T. (2012), densitas adalah sifat fisik dari materi. Rapatan digunakan untuk membandingkan antara dua zat yang memiliki volume sama (menempati besaran ruang yang sama, namun memiliki massa yang berbeda).

Densitas atau massa jenis dimiliki oleh masing-masing benda, seperti pada benda padat, cair, dan benda gas. Ketiga bentuk benda tersebut pasti memiliki densitas, dan tidak ada di dunia ini yang tidak memiliki densitas. Karena densitas menyatakan ukuran massa atau berat pada suatu benda terhadap volume dari benda tersebut. Berikut adalah densitas yang dimiliki oleh air, udara, hcl, dan asam sulfat.

Densitas Air

Pengertian Densitas

Air merupakan salah satu senyawa yang sangat penting atau paling utama bagi seluruh bentuk kehidupan di bumi hingga saat ini. Air menutupi hampir 71% permukaan dibumi dan sisanya merupakan tanah daratan. Setidaknya terdapat lebih dari 1,4 triliun kilometer kubik air tersedia di Bumi. Kepadatan atau densitas air adalah 997 kg/m³.

Densitas Air Laut

Densitas merupakan salah satu parameter terpenting dalam mempelajari dinamika laut, terutama dalam oseanografi karena perbedaan densitas bisa menghasilkan air laut yang cukup kuat. Satuan densitas yang digunakan dalam persamaan air laut, yaitu kg/m³. Kerapatan atau densitas air laut adalah 1025 kg/m³.

Densitas Udara

Udara merupakan percampuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara secara umum tidak tampak oleh mata, tidak ada rasanya dan tidak berbau. Kehadiran udara dapat dilihat dengan adanya angin yang menggerakkan benda. Udara juga termasuk ke dalam salah satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi makhluk hidup di bumi. Kepadatan atau densitas udara adalah 1,2 kg/m3.

Densitas HCl (Asam Klorida)

Asam Klorida atau HCl merupakan senyawa kimia yang bersifat asam kuat dan terdiri dari ikatan kimia antara atom hidrogen dan juga asam aton. Asam Klorida (HCl) adalah larutan dari gas hidrogen klorida. HCI merupakan asam kuat dan menjadi salah satu komponen utama dalam asam lambung. Densitas dari HCl adalah 1,18 g/cm3.

Densitas Asam Sulfat

Asam Sulfat merupakan asam mineral yang sangat kuat. Zat ini umumnya larut dalam air pada semua perbandingan. Asam sulfat memiliki banyak kegunaan, salah satunya menjadi produk utama dari industri kimia. Asam sulfat yang pekat mengandung 96% H2SO4 (Mr=98gr/mol) dan memiliki densitas 1,84 g/cm³.

Perbedaan Densitas dan Viskositas

Densitas adalah jumlah suatu zat yang terkandung dalam suatu unit volume. Densitas bisa diukur dalam tiga bentuk, yaitu densitas massa, berat spesifik dan densitas relatif.

Sedangkan viskositas adalah sifat kekentalan pada suatu fluida yang mempengaruhi daya tahan terhadap suatu gaya geser. Umumnya, viskositas dapat diukur dengan dua bentuk, yaitu dengan viskositas dinamik dan viskositas kinematik.

Nah, itulah pengertian mengenai densitas yang dapat saya bagikan mengenai densitas beserta densitas air (laut), udara, densitas HCl, asam sulfat dan perbedaan densitas dan viskositas. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai densitas dan semoga bermanfaat.

Pengertian Interpretasi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Diskriminatif

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Empiris

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *