Contoh Perilaku Jujur

1 min read

Contoh Perilaku Jujur

Setiap orang mendambakan keluarga harmonis dan penuh ketenangan. Kehidupan bahagia akan harmonis jika masing-masing anggota keluarga saling menghargai dan berperilaku jujur.

Kejujuran dalam keluarga merupakan pondasi awal bagi kelangsungan kehidupan di masyarakat. Masing-masing anggota keluarga berperilaku jujur satu sama lain, dalam arti berkata apa adanya dan sesuai kenyataan. Orang tua harus berkata jujur kepada anak-anaknya.

Demikian pula anak juga harus berkata jujur kepada orang tua. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika masing-masing anggota keluarga tidak jujur? Tentu akan terjadi pertengkaran dan perselisihan. Benih permusuhan akan muncul dari perilaku yang tidak jujur.

Pengertian Jujur

Kata jujur secara bahasa berasal dari Bahasa Arab, yaitu “siddiq” atau “as-sidqu” yang berarti nyata, benar atau berkata benar. Sedangkan secara istilah, jujur adalah perilaku yang mencerminkan adanya keserasian dan kesesuaian perkataan mulut, hati, dan perbuatan. Dengan kata lain jujur merupakan suatu sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu dengan sesungguhnya dan apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), JUJUR adalah suatu ketulusan dan keiklasan juga kelurusan hati seseorang.

Berperilaku jujur bisa dilakukan dimana saja, bisa di sekolah, rumah, maupun di masyarakat. Berperilaku jujur di sekolah sama pentingnya dengan berperilaku jujur di rumah. Seorang peserta didik hendaknya jujur kepada bapak-ibu guru, karyawan, dan teman di sekolah.

Kejujuran peserta didik pada saat mengerjakan ulangan sangat membantu bapak-ibu guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Berperilaku jujur kepada teman di sekolah akan terjalin hubungan yang harmonis. Begitu juga berperilaku jujur di masyarakat. Semua  anggota masyarakat akan hidup rukun dan damai jika masing-masing menjunjung tinggi kejujuran. Sebaliknya, ketidakjujuran akan berakibat konflik antar anggota masyarakat.

Konflik yang terjadi ditengah-tengah masyarakat merupakan bencana sosial yang menakutkan. Karena hal ini bisa meluas menjadi tawuran antar warga. Sungguh, semua ini tidak dikehendaki bersama.

Baca: Contoh Perilaku Ikhlas

Contoh Perilaku Jujur

Contoh Perilaku Jujur

Perilaku jujur dapat diterapkan di mana saja, bisa di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat. Untuk memahami cara menerapkan perilaku jujur perhatikan beberapa contoh perilaku jujur sebagai berikut.

1. Contoh Perilaku Jujur di Rumah

Di rumah, kita melaksanakan tugas yang diberikan orang tua dengan sebaik-baiknya Misalnya, Ibu meminta tolong dibelikan minyak gorang dan kebutuhan pokok lainnya. Sebagai anak jujur, semua uang sisa kembalian diberikan kepada ibu. Hal ini berarti memegang dan menjalankan amanah dengan baik secara jujur. Memberitakan sesuatu hal baik ke orang tua ataupun ke dalam lingkungan masyarakat.

2. Contoh Perilaku Jujur di Sekolah

Di sekolah, mengerjakan tugas yang diberikan bapak-ibu guru dengan penuh tanggung jawab. Seperti tidak menyontex saat ulangan, melaksanakan jadwal piket sesuai jadwal, mentaati tata tertib sekolah, bertutur kata yang benar kepada bapak-ibu guru, karyawan dan teman. Jika bersalah harus mengakui kesalahannya.

3. Contoh Perilaku Jujur di Masyarakat

Di masyarakat, kita dapat berperilaku jujur dalam rangka membangun masyarakat harmonis dan saling menghormati. Seorang yang jujur tidak akan mengarang cerita atau gosip sehingga akan menimbulkan gaduh dan suasana lingkungan menjadi tidak kondusif, antara ucapan dan perbuatan. Seseorang yang jujur harus sama. Dengan berperilaku jujur, maka orang lain akan merasa aman dan tentram.

Baca: Contoh Perilaku Sabar

Nah, kejujuran harus diutamakan dalam setiap pergaulan, baik dirumah, disekolah maupun masyarakat. Kerugian akibat ketidakjujuran akan dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain. Seseorang yang tidak jujur akan sulit mendapat kepercayaan dari orang lain.

Sementara orang lain yang pernah dibohongi akan merasa kecewa dan sakit hati. Kepercayaan tidak bisa dibeli dengan uang. Kepercayaan akan muncul jika seseorang jujur. Sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *