Contoh Perilaku Adil

1 min read

Contoh Perilaku Adil

Adil adalah?

Secara bahasa, adil berasal dari bahasa arab “adlun” yang artinya seimbang atau sama. Sedangkan secara istilah Adil adalah tidak berat sebelah, atau meletakkan sesuatu sesuai dengan kadarnya , tidak memihak pada salah satu, memberikan sesuatu sesuai dengan apa yang telah diperbuat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Adil adalah sama berat, tidak berat sebelah, dan tidak memihak.

Adil berarti memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya, meletakkan segala urusan pada tempatnya. Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada kebenaran, bukan berpihak karena pertemanan, persamaan suku, maupun bangsa.

Ajaran Islam menjunjung tinggi asas keadilan. Hal ini bisa difahami karena Islam membawa rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil ‘alamin). Oleh karena itu setiap muslim wajib menegakkan keadilam dalam posisi apapun.

Apalagi seorang muslim yang berprofesi menjadi polisi, jaksa, hakim, atau aparat hukum lainnya harus menegakkan keadilan tanpa memandang suku, agama, status sosial, pangkat maupun jabatan.

Hadits tentang Adil

Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin akan terwujud apabila setiap muslim menegakkan keadilan. Dalam sebuah hadits riwayat Nasa’i, Rasulullah saw bersabda:

Sesungguhnya orang-orang yang berperilaku adil akan ditempatkan di sisi Allah Ta’ala di atas mimbar-mimbar yang terbuat dari cahaya, di sisi sebelah kanan ‘Arrahman. Yaitu, orang-orang yang adil dalam menghukumi mereka, adil dalam keluarga mereka dan dalam mengerjakan tugas mereka.

Allah Swt. menegaskan bahwa kebencian terhadap suatu golongan, atau individu, janganlah menjadi pendorong untuk bertindak tidak adil. Ini menjadi bukti bahwa Islam menjunjung tinggi keadilan. Rasa benci kepada seseorang atau suatu golongan menjadi pintu masuk setan untuk menjerumuskan manusia ke dalam lubang kehancuran.

Bisa dibayangkan betapa sulitnya ketika berbuat adil kepada orang atau golongan yang kita benci. Meskipun sulit, karena ini perintah agama maka harus dilaksanakan.

Baca: Contoh Perilaku Ikhlas

Contoh Perilaku Adil

Contoh Perilaku Adil

Perilaku adil dapat kita terapkan di rumah, sekolah, maupun di masyarakat. Untuk memahami cara menerapkan perilaku adil perhatikan contoh perilaku adil berikut ini.

1. Contoh Perilaku Adil di Rumah

Di rumah, misalnya setiap bulan ayah memberikan uang saku kepada ketiga anaknya, termasuk kalian sebagai anak pertama. Ayah menitipkan uang saku untuk kedua adikmu. Masing-masing mendapat Rp.100.000 dan Rp.50.000, sedangkan kamu mendapat Rp.200.000.

Ayah memberikan uang saku secara adil berdasarkan tingkat kebutuhan anaknya. Sebagai kakak, kalian harus adil kepada adik-adik kalian, yaitu memberikan hak uang saku kepada mereka sesuai perintah ayah.

2. Contoh Perilaku Adil di Sekolah

Menghormati dan menghargai tugas ketua dan semua pengurus kelas. Kalian harus memperlakukan mereka dengan adil sesuai posisinya masing-masing di kepengurusan kelas. Bukan justru sebaliknya, meremehkan dan merendahkan mereka sebagai “pesuruh” kelas.

3. Contoh Perilaku Adil di Masyarakat

Di masyarakat, berlaku adil kepada tetangga dan warga dalam satu RT, RW, maupun kelurahan. Memperlakukan tetangga dengan baik, tidak merusak nama baiknya dengan menyebar cerita-cerita negatif. Tidak menganggu tetangga dengan suara musik yang terlalu keras dari dalam rumah kita.

Mengapa demikian? Sebab tetangga juga punya hak untuk dihormati dan diperlakukan dengan baik. Dengan memberikan hak kepada tetangga berarti kita telah berperilaku adil kepada tetangga.

Baca juga: Contoh Perilaku Jujur

Nah, perlu diperhatikan bahwa adil bukan berarti sama rata. Misalnya, ada orang tua memiliki tiga anak. Masing-masing masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi (PT). Orang tua yang adil akan memberikan uang saku dengan jumlah yang berbeda karena kebutuhan mereka berbeda. Justru tidak adil jika orang tua memberikan uang saku dengan jumlah yang sama.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *