Citra Foto

2 min read

Citra Foto

Dalam pengindraan jauh, data atau hasil observasi yang didapat disebut citra. Citra dapat diartikan sebagai gambaran yang tampak dari suatu objek yang sedang diamati, sebagai hasil liputan atau rekaman suatu alat pemantau.

Menurut Homby, citra adalah gambaran yang terekam oleh kamera atau alat sensor lain. Adapun menurut Simonett, citra adalah gambaran rekaman suatu objek (biasanya berupa gambaran pada foto) yang didapat dengan cara optik, elektrik optik, optik mekanik, atau elektromekanik.

Agar dapat dimanfaatkan, sebuah citra harus diinterpretasikan, diterjemahkan, atau ditafsirkan terlebih dahulu. Citra dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu citra foto dam citra nonfoto. Nah, untuk penjelasannya kita mulai dari citra foto.

Pengertian Citra Foto

Citra foto adalah citra yang merupakan hasil pemotretan suatu wilayah dari udara. Citra foto yang kemudian disebut foto udara direkam melalui kamera. Perekamannya secara serentak untuk satu lembar foto udara dan menggunakan spektrum tampak atau perluasannya.

Jenis-Jenis Citra Foto

Berikut merupakan jenis-jenis citra foto berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakan, posisi sumbu kamera, sudut liputan kamera, jenis kamera yang digunakan, warna yang digunakan, dan sistem wahananya.

1. Berdasarkan Spektrum Elektromagnetik yang Digunakan

Berdasakan spektrum elektromagnetik yang digunakan, citra foto dapat dibedakan menjadi lima jenis yaitu sebagai berikut.

  • Foto ultraviolet, merupakan foto yang dibuat menggunakan spektrum ultraviolet dekat dengan panjang gelombang 0,29 mikrometer. Cirinya tidak banyak informasi yang dapat disadap, tetapi untuk beberapa objek dari foto ini mudah pengenalannya karena kontrasnya yang besar. Foto ini sangat baik untuk mendeteksi tumpahan minyak di laut, membedakan atap logam yang tidak dicat, jaringan jalan aspal, dan batuan kapur.
  • Foto ortokromatik, merupakan foto yang dibuat menggunakan spektrum tampak dari saluran biru hingga sebagian hijau (0,4-0,56 mikrometer. Cirinya tidak banyak informasi yang tampak jelas. Foto ini bermanfaat untuk studi pantai karena filmnya peka terhadap objek di bawah permukaan air hingga kedalaman kurang lebih 20 m. Baik untuk survei vegetasi karena daun hijau tergambar dengan kontras.
  • Foto pankromatik, merupakan citra foto dari udara yang dibuat menggunakan seluruh spektrum tampak mata mulai dari warna merah hingga ungu. Foto udara ini sering disebut foto udara konvensional. Ciri foto pankromatik adalah pada warna objek sama dengan kesamaan mata manusia sehingga baik untuk mendeteksi pencernaan air, kerusakan banjir, penyebab air tanah, dan air permukaan.
  • Foto inframerah asli (true infrared photo), merupakan foto yang dibuat menggunakan spektrum inframerah dekat hingga panjang gelombang 0,9-1,2 mikrometer yang dibuat secara khusus. Cirinya dapat mencapai bagian dalam daun sehingga rona pada foto inframerah tidak ditentukan oleh warna daun, tetapi oleh sifat jaringannya. Baik untuk mendeteksi berbagai jenis tanaman termasuk tanaman yang sehat atau yang sakit.
  • Foto inframerah modifikasi, merupakan foto yang dibuat dengan inframerah dekat dan sebagian spektrum tampak pada saluran merah dan sebagian saluran hijau. Dalam foto ini objek tidak segelap dengan film inframerah sebenarnya sehingga dapat dibedakan dengan air.

Baca juga: Pengertian Penginderaan Jauh dan Komponennya

2. Berdasarkan Sumbu Kamera

Ciri foto dapat dibedakan berdasarkan arah sumbu kamera ke permukaan bumi yaitu sebagai berikut.

  • Foto vertikal atau foto tegak (orto photograph), yaitu foto yang dibuat dengan sumbu kamera tegak lurus terhadap permukaan bumi.
  • Foto condong atau foto miring (oblique photograph) yaitu foto yang dibuat dengan sumbu kamera menyudut terhadap garis tegak lurus ke permukaan bumi. Sudut ini umumnya sebesar 10° atau lebih besar. Akan tetapi, bila sudut condongnya masih berkisar antara 1-4°, foto yang dihasilkan masih digolongkan sebagai foto vetikal. Foto condong masih dibedakan menjadi dua, yaitu foto agak condong (low oblique photograph) dan foto sangat condong (high oblique photograph).

3. Berdasarkan Sudut Liputan Kamera

Citra foto berdasarkan sudut liputan kamera dibedakan menjadi empat, yaitu sudut kecil bila sudut liputannya kurang dari 60°, sudut normal bila sudut liputannya antara 60-75°, sudut besar bila sudut liputannya antara 75-100°, dan sudut sangat besar bila sudut liputannya lebih dari 100°.

4. Berdasarkan Jenis Kamera yang Digunakan

Berdasarkan jenis kamera yang digunakan, citra foto dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Foto tunggal adalah foto yang dibuat dengan kamera tunggal. Tiap daerah liputan foto hanya bergambar oleh satu foto.
  • Foto jamak, adalah beberapa foto yang dibuat pada saat yang sama dan menggambarkan daerah liputan yang sama. Adapun pembuatannya ada tiga cara yaitu menggunakan multikamera, multilensa, dan kamera tunggal berlensa tunggal dengan pengurai warna.

5. Berdasarkan Warna yang Digunakan

Berdasarkan warna yang digunakan, citra foto dibedakan menjadi sebagai berikut.

  • Foto warna asli (true color) merupakan foto pankromatik berwarna.
  • Foto berwarna semua (false color) atau foto inframerah berwarna. Pada foto berwarna semua, warna objek tidak sama dengan warna foto, misalnya vegetasi yang berwarna hijau dan banyak memantulkan spektrum inframerah, tampak merah pada foto.

6. Berdasarkan Sistem Wahana

Berdasarkan sistem wahana yang digunakan, citra foto dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

  • Foto udara, merupakan foto yang dibuat dari pesawat atau balon udara.
  • Foto satelit atau foto orbital, merupakan foto yang dibuat dari satelit.

Nah, itulah pengertian mengenai citra foto, beserta jenis-jenisnya yaitu Spektrum Elektromagnetik, Sumbu Kamera, Sudut Liputan Kamera, Jenis Kamera, Warna, dan Sistem Wahana. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai citra foto dan semoga bermanfaat.

Pendekatan Geografi

Avatar Freedoms
2 min read

Penginderaan Jauh

Avatar Freedoms
2 min read

Aspek Geografi

Avatar Freedoms
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *