Ciri-Ciri Planet Venus

2 min read

Ciri-Ciri Planet Venus

Ciri-Ciri Planet Venus – Planet venus merupakan planet kedua dalam Tata Surya setelah merkurius, dan sebelum bumi di posisi ketiga. Jarak planet Venus dengan matahari yaitu 108 juta km dan radius antara 6051 km. Radius di planet Venus mirip dengan radius Bumi, yaitu sebesar 6371. Sedangkan untuk orbitnya, Venus hanya memerlukan 224.7 hari untuk satu kali mengelilingi Matahari.

Setelah bulan, planet Venus merupakan objek paling cerah yang ada di langit pada malam hari, dengan magnitudo tampak Sebesar -4,6 yang sudah cukup cerah untuk menghasilkan bayangan. Kecerahan maksimal dari planet ini dapat dilihat sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam, sehingga planet ini juga disebut dengan Bintang Fajar atau Bintang Senja.

Seperti halnya planet lainnya, planet Venus juga mempunyai ciri-ciri khusus yang membuatnya menjadi salah satu planet yang unik, dan umumnya planet-planet yang ada di galaksi memiliki ciri yang berbeda-beda, seperti dari segi permukaan, atmosfer, ukuran dan lain sebagainya. Berikut ciri-ciri dari planet Venus.

1. Memiliki atmosfer sangat tebal dari karbon dioksida

Planet Venus merupakan planet yang memiliki atmosfer sangat tebal. Atmosfer adalah slimut gas yang menyelimuti suatu planet. Setiap planet memiliki lapisan atmosfer dan kandungan yang berbeda-beda. Atmosver Venus merupakan lapisan gas yang menyelimuti Venus yang tersusun dari karbondioksia yang jauh lebih padat dan lebih panas dibandingkan atmosfer bumi. Suhu atmosfer di permukaan Venus adalah 740 K (467 °C, 872 °F), dan tekanannya adalah 93 bar (9,3 MPa).

Planet Venus memliki atmosfer yang paling padat di antara empat planet kebumian, karena terdiri dari 96% karbondioksida, dan tekanan atmosfer permukaan Venus 92 kali lebih besar dibandingkan dengan bumi. Dengan permukaan suhu rata-rata sebesar 735 K (462 °C; 863 °F) membuat Venus menjadi planet terpanas di Tata Surya

2. Memantulkan cahaya matahari sehingga nampak terang

Planet Venus merupakan planet yang dapat memantulkan cahaya matahari, sehingga tampat sangat terang. Venus mempunyai tingkat keterangan (abedo) antara, 0,75 hingga 9,8. Karena sifat Venus yang sangat terang ini membuat planet Venus memiliki atmosfer dengan awan yang sangat tebal, yang tersusun dari karbondioksia (CO2) dan juga sulfur dioksida (S02).

Awan tebal tersebut yang memantulkan sebagian besar sinar matahari hingga mencapai kepermukaan, dan sekitar 70% dipantulkan kembali ke ruang angkasa. Bahkan, planet Venus menjadi salah satu obyek langit yang sangat terang, dan dapat dilihat tanpa teleskop pada dini hari di bumi.

3. Memiliki ukuran mirip dengan Bumi

Planet Venus merupakan planet yang memiliki ukuran sama dengan bumi, dan bebatu layaknya bumi. Ukuran dan massa planet Venus mirip dengan Bumi, sehingga planet ini sering dijuluki sebagai “kembaran” atau “saudara” bumi. Massa dari planet Venus kurang lebih 81,5 % dari massa Bumi, sedangkan diameter planet Venus hanya lebih kecil 650 km dari bumi karena Venus tercatat memiliki diameter 12.092 km.

Wakaupun demikian, keadaan di permukaan planet Venus sangat berbeda dengan keadaan di Bumi, karena permukaan Venus memiliki atmosfer yang lebih tebal dibandingkan bumi karena terdiri dari 96,5% karbon dioksida dan 3,5% nitrogen. Dengan kemiripan ukuran dan kepadatan seperti bumi, menunjukkan bahwa keduanya mungkin memiliki struktur dalam yang sama, seperti inti, mantel dan kerak.

4. Merupakan Planet paling dekat dari Bumi

Planet Venus merupakan planet terdekat dari bumi dan menjadi planet terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Dikatakan paling dekat dengan bumi, karena Venus mendekati bumi hingga pada jarak 38,2 juta km, yang relatif lebih mudah untuk diamati dibandingkan dengan planet yang jaraknya lebih jauh dari Bumi, seperti Jupiter dan Mars.

Namun, Akibat kurangnya eksentrisitas orbit bumi, jarak minimal Venus diperkirakan akan lebih membesar lagi dalam puluhan ribu tahun mendatang. Walaupun planet Venus memiliki jarak yang lebih dekat dengan Matahari dibandingkan Bumi, namun permukaan planet Venus tidak seterang Bumi.

5. Merupakan planet batuan

Seperti halnya planet Merkurius, Bumi, dan Mars, planet Venus merupakan planet terestrial atau planet bebatuan, dengan kandungan penyusun berupa zat besi dan juga silikat. Permukaan planet venus sendiri bergurun, kering dan juga diselingi oleh bebatuan yang diperbarui secara periodek oleh aktivitas vulkanik.

6. Tidak memiliki satelit

Planet Venus merupakan salah satu planet yang tidak memiliki satelit alami, tidak seperti bumi yang memiliki satelit alami, yaitu bulan. Hal ini dikarenakan gravitasi Matahari yang sangat kuat (Karena jarak planet Venus yang sangat dekat dengan matahari), sehingga jika ada satelit di Venus mungkin akan tertarik ke arah Matahari dan lepas dari gravitasi planet Venus.

7. Memiliki jumlah gunung vulkanik yang banyak

Sebagian besar permukaan dari planet Venus terbentuk melalui aktivitas vulkanik (gunung berapi). Jumlah gunung berapi (vulkanik) yang ada di planet Venus jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan Bumi, setidaknya lebih dari 167 gunung berapi besar yang lebarnya mencapai 100 km banyak terdapat di planet Venus. Walaupun mempunyai gunung vulkanik yang lebih banyak dibandingkan dengan bumi, bukan berarti secara vulkanik lebih aktif daripada bumi.

Nah, itulah ciri-ciri dari planet Venus beserta penjelasannya secara lengkap. Sekian informasi mengenai planet yang dapat saya bagikan, semoga dapat membantu tugas Anda dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *