Arti Meet Up

2 min read

Arti Meet Up

Kata gaul: meet up artinya? Zaman terus melaju ke depan. Begitu pupa dengan generask-generasinya. Di Indonesia sendiri, setiap generasi memiliki ciri khasnya masing-masing, baik itu dari segi fisik, mental, kepintaran, tingkah laku, sampai penggunaan bahasa. Di zaman milenial ini terdapat banyak kata-kata baru yang sering digunakan oleh para anak muda. Salah satunya adalah kata ‘meet up’. Apa itu meet up? Berikut penjelasannya.

Meet Up Artinya?

Kata ‘meet up’ sebenarnya lebih sering dilakukan dan diucapkan di dunia maya yang biasanya digunakan untuk percakapan para manusia-manusia yang memiliki hubungan LDR dengan orang lain. Kata ini biasanya sering digunakaan untuk mengajak bertemu.

Contohnya saja kalimat, “meet up yuk! Biar tau muka-mukanya kayak apa.” Jika diambil dari kalimat tersebut, bisa disimpulkam bahwa meet up artinya mengajak untuk bertemu.

Meet up adalah suatu istilah yang digunakan untuk memberi nama sebuah perkumpulan yang sifatnya informal atau tidak resmi, yang sebelumnya sudah direncanakan secara online.

Meet up ini berbeda dengan meeting. Kata ‘meet up’ biasanya digunakan sebagai ajakan bertemu secara nonformal, biasanya untuk acara temu kangen atau kumpul-kumpul biasa tanpa ada acara lain yang bersifat formal. Sedangkan kata ‘meeting’ biasanya digunakan untuk pertemuan formal dan penting, seperti rapat, diskusi, maupun briefing. Jadi, jangan salah kaprah antara ‘meet up’ dan ‘meeting’, ya.

Meet Up adalah?

Jadi, meet up adalah sebuah kata yang digunakan untuk mengajak bertemu atau bisa juga sebagai pengganti kata ‘bertemu’. Meet up ini sangat populer di kalangan remaja, terutama di komunitas-komunitas yang baru saja berdiri secara online. Biasanya sebelum diadakan pertemuan, leader atau member lainnya mengucapkan, “meet up, kuy!” yang berarti sebuah ajakan untuk melakukan pertemuan agar sesama member bisa saling mengenal.

Kata ‘meet up’ ini tentu bukan salah satu dari kata baku Bahasa Indonesia, baik secara Kamus Bersar Bahasa Indonesia maupun Ejaan Yang Dibenarkan. Jadi, jangan sampai kamu menggunakan kata ‘meet up’ untuk ajakan bertemu di dunia kerja, sekolah, maupun tempat-tempat formal lainnya. Jika kamu menggunakan kata ini, sangat besar kemungkinan bahwa nantinya kamu akan dicap buruk dan tidak beretika.

Arti Meet Up

Arti Meet Up

Secara harfiah sendiri, arti meet up berasal dari Bahasa Inggris yang berarti bertemu. Maksud dari bertemu ini adalah pertemuan yang tidak formal, seperti yang tadi sempat disinggung di atas. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa internasional.

Jadi, sangat mudah bahasa inggris diserap oleh negara lain dan mulai menjadi kata yang sering diucapkan bahkan menjadi favorit untuk kaum muda, termasuk di Indonesia.  Bahkan di Indonesia sendiri, kata ‘meet up’ cukup sering dipakai oleh banyak orang hingga menjadi sebuah kata yang sudah biasa diucapkan.

Walaupun begitu, bukan berarti kita harus menggantikan kata ‘bertemu’ dengan ‘meet up’, ya. Bagaimanapun juga kita harus mendukung perkembangan Bahasa Indonesia. Jangan sampai bahasa kita tercinta tergantikan oleh bahasa lain, termasuk Bahasa Inggris.

Walaupun Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, bukan berarti Bahasa Inggris bisa menggantikan Bahasa Indonesia, ya. Tetapi budayakan berbicara dan berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Bahasa kita, budaya kita dan identitas kita. Tetaplah untuk menjaga Bahasa Indonesia, ya.

Contoh Kalimat Meet Up

Meet Up sering di sebut oleh orang Indonesia, sedangkan istilah bakunya dalam bahasa Inggris adalah Meetup. Berikut beberapa kalimat yang mengandung kata meetup di dalamnya.

  • Saya akan melakukan meetup (pertemuan) dengan teman kenalan online saya.
  • Akhir minggu ini saya akan menyelesaikan rencana untuk meetup (pertemuan) DC.
  • Besok malam adalah acara meetup (pertemuan) bersama komunitas blogger.
  • Saya memiliki dua acara meet up (pertemuan) yang ingin saya kunjungi.
  • Saya akan melakukan meet up (pertemuan) bersama artis idola saya.

Itu dia semua penjelasan tentang kata gaul: arti meet up. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memahami kata-kata baru yang terus bermunculan dari waktu ke waktu. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya dengan artikel luar biasa dan informatif tentunya. See you again and have a nice day!

Arti Kamsahamnida

Avatar Freedoms
2 min read

Arti Kata Absurd

Avatar Freedoms
1 min read

Arti WYATB

Avatar Freedoms
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *