Arti Jamet

2 min read

Arti Jamet

Arti Jamet adalah? Jamet Artinya? Istilah “jamet” merupakan salah satu istilah dalam bahasa gaul jaman sekarang. Bahasa gaul sekarang ini cukup mewabah di kalangan anak muda, terutama di media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, Line dan lain-lain.

Selain itu bahasa gaul banyak digunakan di beberapa grup meme di Facebook, seperti Ah She Up, Bacot, Noob, Mager, GWS, dan lain sebagainya. Salah satu istilah dalam bahasa gaul yang mungkin sering di dengar dan dilihat namun tidak banyak yang tahu arti dan kepanjangannya adalah jamet. Apa kepangan jamet dan artinya? berikut informasinya.

Arti Jamet adalah?

Istilah kata “jamet” sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun baru populer baru-baru ini. Istilah jamet dulu dan sekarang memiliki arti yang berbeda, jika dulu jamet memilik kepanjangan “jablay metal”. Arti “jablay” berasal dari kata “jarang di belai” yang sekarang ini banyak digunakan sebagai sebutan untuk para wanita tuna susila atau wanita yang sering menjual jasa bercocok tanam (if you know what i mean).

Sedangkan arti “metal” disini bukan seorang wanita yang menyukai aliran musik Heavy metal, melainkan wanita yang berpenampilan kurang rapi layaknya para rocker metal (pemain musik metal). Jadi, jamet (jablay metal) adalah seorang wanita tuna susila yang berpenampilan eksentrik atau kurang rapi yang menjajakan jasanya. Contoh:  “Eh lo tau ga? Disono banyak jamet lagi pada ngumpul”.

Arti Jamet Dalam Bahasa Gaul

Seiring berjalannya waktu, istilah “jamet” yang dulu memiliki singkatan “jablay metal” kemudian berganti makna atau singkatan menjadi “jawa metal”. Istilah ini biasanya digunakan sebagai sindiran untuk para anak muda, terutama di Jawa yang berpenampilan absurd (tidak masuk akal) dan kurang cocok.

Jamet adalah sebuah istilah yang memiliki singkatan “jawa metal” yang digunakan sebagai sindiran untuk orang yang berlagak keren dengan memamerkan poni lemparnya, padahal sudah tidak cocok untuk gaya (style) rambut sekarang.

Selain itu, seorang jamet menyukai sesuatu yang berbau musik metal, padahal dia hanya tau killing me inside sebagai band metal yang ia sukai dan jiwanya masih melayu total. Lagu yang identik dengan jamet adalah lagu Dear God dari Avenged Sevenfold, dimana para jamet sering menggunakan lagu tersebut untuk backsound video mereka disertai gaya mereka yang sok keren padahal tidak sama sekali.

Dengan demikian, jamet adalah istilah sindiran bagi mereka yang berpenampilan sok keren dengan memamerkan poni lemparnya yang sudah tidak cocok untuk gaya rambut sekarang ini. Penampilan jamet mungkin dulu dianggap keren karena dulu style seperti “emo” banyak digunakan. Tapi ingat jamet dan emo sangat berbeda, emo digunakan untuk penampilan yang cocok tapi jika tidak kita menyebutnya jamet, awowkowkok.

Sejarah Jamet

Istilah jamet mungkin baru terkenal atau populer belakangan ini sebagai sindiran untuk para anak muda yang masih menggunakan style (gaya) yang sudah ketinggalan dan tidak cocok dengan penampilan mereka. Selain itu, jamet juga identik dengan orang yang mau modis tapi kampungan, biasanya mereka naik motor yang tidak sesuai standart.

Namun istilah jamet ini sudah muncul pada jamaan 2010-2012, dimana banyak orang yang memasang pp (photo profil) emo dan menata rambut mereka seperti andika kangan band dulu. Karena muka mereka kebanyakan kurang cocok dengan style yang mereka pilih, sehingga hasil akhirnya lebih mirip dengan Babang Tampan Andika Kangan Band.

Arti Jamet

Istilah jamet yang tengah viral belakangan ini dan banyak dijadikan sebagai meme, berasal dari foto dari blog catatjamet.blogspot.com yang menceritakan pengalaman hidup dari seorang jamet yang berasal dari bandung dan diposting pada tanggal 4 November 2015. Foto dalam blog tersebut banyak digunakan untuk contoh penampilan para jamet sekarang ini yang masih ada.

Nah, itulah informasi yang dapat saya bagikan mengenai apa itu jamet? beserta sejarah dan mengapa bisa viral belakangan ini. Demikian artikel mengenai bahasa gaul “jamet” yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Source FB: @knowyourmemeID

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *