Home » Bahasa Gaul » Arti Bucin, Ciri-Ciri Bucin, dan Contoh Bucin

Arti Bucin, Ciri-Ciri Bucin, dan Contoh Bucin

1 min read

Arti Bucin, Ciri-Ciri Bucin, dan Contoh Bucin

Apa itu Bucin dalam Bahasa Gaul? Bahasa Indonesia adalah bahasa melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan Negara Republik Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki banyak sekali kosa kata baku yang termuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki bahasa yang tidak baku, yang umumnya digunakan dalam percakapan yang tidak formal.

Seiring berkembangnya zaman dan semakin canggihnya teknologi, kosa kata semakin banyak terutama yang tidak baku yang disebut dengan bahasa gaul. Bahasa gaul banyak digunakan dalam percakapan anak muda, terutama di media sosial. Dimana semakin populernya bahasa tersebut, lama kelamaan akan pasti akan digunakan di real life atau dikehidupan nyata.

Banyak sekali bahasa gaul sekarang ini, mulai dari jamet, absurd, PAP, move on dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu kata gaul yang banyak digunakan dalam percakapan anak muda, bahkan sampai di bawa ke dalam percakapan di kehidupan nyata. Kata tersebut adalah “bucin”. Apa arti dan kepanjangan dari kata bucin? berikut artinya.

Apa itu Bucin dalam Bahasa Gaul?

Bucin adalah singkatan dari BUdak CINta. Bucin sendiri merupakan sebuah singkatan yang digunakan untuk menyindir atau meledek teman yang memiliki pasangan (pacar) yang lebih mementingkan pacar daripada teman layaknya seekor budak. Bucin diibaratnya sebagai seseorang yang menjadi budak dari kisah percintaannya sendiri, seperti seorang cowok yang rela melakukan apapun demi ceweknya secara berlebihan dan mengabaikan teman, sahabat, dan kepentingan lainnya.

Bucin atau budak cinta adalah bahasa gaul dalam bahasa Indonesia (nonstandar) yang banyak digunakan oleh anak muda dalam pergaulan sehari-hari. Istilah Bucin umumnya ditujukan untuk generasi muda (milenial) yang rela melakukan segala hal demi kekasih hatinya (pacar).

Walaupun begitu, kebanyakan orang mengucapkan bucin hanya untuk menyindir teman yang sedang dimabuk asmara, karena lebih mementingkan pacar daripada teman dan sahabatnya. Padahal mungkin sebagian besar sudah tahu, bahwa orang yang sedang dimabuk asmara pastinya ingin membahagiakan pasangannya dan tidak mau mengecewakannya sama sekali.

Istilah Bucin memiliki kesan yang bisa dibilang negatif, karena menjadi sebuah istilah yang sering ditertawakan, dimaki, dan sering dikonotasikan sebagai hal yang negatif. Umumnya Bucin diucapkan oleh seseorang yang kurang senang kepada teman yang memiliki pacar, terutama mereka yang sedang jomblo atau tidak memiliki pacar.

Ciri-Ciri Bucin (Budak Cinta)

Ciri-ciri seorang yang bucin adalah sebagai berikut.

  • Memiliki pacar.
  • Senantiasa memikirkan pacar.
  • Memiliki jadwal padat bersama pacar.
  • Memprioritaskan kepentingan pacar dibanding dengan teman atau sahabat.
  • Rela melakukan apa saja untuk membahagiakan pacarnya.

Mungkin itu sebagian ciri-ciri dari seseorang yang Bucin berdasarkan pandangan umum. Lalu seperti apa contoh perilaku bucin? berikut contohnya!

Contoh Perilaku Bucin

Contoh seorang buciner sejati secara umum adalah sebagai berikut.

  • Rela membelikan apa saja untuk pacar hingga tidak mempunyai uang, yang akhirnya harus ngutang kepada teman.
  • Rela membolos kerja agar bisa berlibur dan berduaan bersama pacar.
  • Rela jembut pacar atau gebetan, padahal sesungguhnya ia memiliki jadwal yang padat.
  • Rela membatalkan acara bersama teman di malam minggu demi keluar bersama pacar.
  • Memprioritaskan chat dengan pacar, padahal sedang bermain game bersama teman.

Dengan demikian, kata Bucin adalah sebuah kata yang bisa dibilang negatif, karena istilah ini sering digunakan untuk menyindir, sering ditertawakan, dan sering digunakan untuk mengolok-olok teman. Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai salah satu kata dalam bahasa gaul, dan semoga bermanfaat.

Arti Kamsahamnida

Avatar Freedoms
2 min read

Arti Kata Absurd

Avatar Freedoms
1 min read

Arti WYATB

Avatar Freedoms
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *