Arti Awkward

1 min read

Arti Awkward

Arti Awkward adalah? Awkward artinya apa? istilah awkward merupakan salah satu kata yang termasuk ke dalam bahasa gaul yang banyak digunakan oleh anak muda zaman sekarang. Kata atau bahasa gaul cukup beragam jenis dan artinya, contohnya seperti jamet, anjay mabar, PAP, Noob, awkward dan lain sebagainya.

Kata awkward disini cukup asing di dengar, karena memang kata tersebut bukan termasuk ke dalam bahasa Indonesia dan termasuk ke dalam bahasa Inggris yang banyak digunakan dalam percakapan oleh orang Indonesia. Selain awkward, orang Indonesia juga banyak menggunakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, seperti latepost, move on, candid, meet up dan lain sebagainya.

Semua kata-kata tersebut bisa dibilang masuk ke dalam kategori bahasa gaul, karena tidak ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan umumnya diambil dari kata dalam bahasa Inggris yang cukup keren bila digunakan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kata gaul “awkward”.

Arti Awkward Dalam Bahasa Indonesia

Awkward adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya canggung atau juga bisa berarti aneh/janggal. Sedangkan awkward moment artinya segala macam peristiwa yang membuat kita canggung yang akhirnya membuat kita salah tingkah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), canggung adalah kurang mahir atau tidak terampil dalam menggunakan sesuatu, karena belum biasa mengerjakannya. Malu-malu, karena belum biasa bergaul seperti belum mengerti adat kebiasaan yang berlaku. Kata lain dari canggung adalah kikuk atau belum pandai/terbiasa.

Dengan demikian, awkward adalah suatu keadaan atau moment dimana kita merasa canggung sampai-sampai kita salah tingkah karena sesuatu hal yang tidak kita harapkan.

Contoh Awkward

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa awkward adalah keadaan canggung yang terjadi pada diri kita karena suatu keadaan. Keadaan disini maksudnya adalah kejadian yang yang membuat diri kita kurang nyaman, sehingga canggung dan akhirnya salah tingkah. Nah, berikut merupakan beberapa contoh moment awkward atau canggung dalam keadaan tertentu.

  1. Pada saat kita ketemuan bersama cewek/cowok pertama kali, biasanya keduanya masih sama-sama canggung karena tidak tahu apa yang akan dibicarakan atau dilakukan.
  2. Pada saat kita masuk ke sekolah baru dan bertemu dengan teman baru biasanya kita akan canggung dalam bersosialisasi (berbicara dengan teman baru).
  3. Pada saat bekerja di tempat baru, biasanya kita akan canggung dalam minta bantuan ke karyawan lain atau juga saat melayani pelanggan.
  4. Pada saat kita mengajukan pertanyaan, kemudian mengirimkannya ke bos.
  5. Pada saat kita pertama kali berpidato di depan umum.

Ciri-Ciri Awkward

Berdasarkan pengamatan dan penelitian saya sendiri, awkward atau canggung memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu sebagai berikut.

  1. Rasa deg-degan yang tidak teratur.
  2. Selalu gugup atau canggung dalam berbicara.
  3. Merasa malu dan bingung yang bercampur aduk, terutama dalam berbicara.
  4. Dalam melakukan percakapan terkadang salah dalam memberikan jawaban.
  5. Kurang percaya diri.

Cara Menghilangkan Rasa Canggung

Berikut adalah beberapa tips atau cara bagaimana menghilangkan rasa canggung ketika berhadapan dengan sesuatu yang tidak kita harapkan.

  1. Jika sedang berbicara, segeralah alihkan pembicaraan dari topik yang membuat kita awkward atau canggung.
  2. Jika sedang melihat atau bertemu dengan seseorang yang membuat kita merasa canggung, segeralah palingkan pandangan kita darinya.
  3. Jangan terlalu memperlihatkan perilaku konyol kita ke orang yang kita ajak ngomong atau lihat.
  4. Berusahalah untuk bersikap percaya diri atau se-cool (keren) mungkin.
  5. Anggap semua yang melihat kita suka dengan apa yang kita lakukan.

Nah, itulah arti dari kata awkward yang artinya canggung, beserta contoh, ciri-ciri dan tips menghilangkan rasa canggung (awkward). Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salah satu kata dalam bahasa gaul dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *