Arti Ar-Rahman

1 min read

Arti Ar-Rahman

Ar-Rahman Artinya adalah? Ar-Rahman merupakan salah satu sifat Allah Yang Maha Sempurna yang terdapat dalam asmaul husna. Asmaul husna adalah nama-nama milik Allah Swt. yang baik lagi indah. Asma yang artinya nama dan husna yang artinya baik baik atau indah.

Berdasarkan jumlahnya, asmaul husna masih diberdebatkan oleh beberapa ulama, ada yang berpendapat bahwa jumlah asmaul husna itu ratusan hingga ribuan, dan ada yang berpendapat hanya puluhan saja. Tapi, pendapat terkuat mengenai jumlah asmaul husna adalah 99 nama atau sifat yang wajib di ketahui dan diimani.

Ar-Rahman menjadi salah satu nama asmaul husna yang paling banyak di lafalkan, karena terdapat dalam kalimat basmalah secara lengkap bersama Ar-Rahim yaitu “bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi“. Ar-Rahman dalam Al-Qur’an disebut sebanyak 57 kali kesemuanya menujuk kepada sifat Allah”.

Ar-Rahman juga mememiliki keutamaan yaitu barangsiapa yang membaca “Ya Rahman” sebanyak 500 kali setiap selesai sholat fardhu (lima waktu), Insya Allah akan mendapatkan ketenangan jiwa, seperti menghilangkan sifat pelupa, sifat gugup dan sifat-sifat lain yang sering menganggu jiwa.

Arti Ar-Rahman

Ar-Rahman (arab: الرَّحْمَنُ) dalam asmaul husna memiliki arti Yang Maha Pengasih dan Pemurah. Kata Ar-Rahman berakar dari kata “Rahima” yang artinya menyayangi atau mangasihi, dimana kata tersebut terdiri dari huruf Raa, Haa, dan Mim yang memiliki makna kelemahlembutan, kasih sayang, dan kehalusan.

Ar Rahman dalam Asmaul Husna berasal dari kata sifat dalam bahasa Arab dengan kata dasar ra-ha-ma, yang artinya pengasih, penyayang, pecinta, pelindung, pengayom. Para mufassir (penafsir) memberikan penjelasan mengenai “arrahman” adalah kasih sayang Allah Swt. kepada semua makhluk.

Akan tetapi, berdasarkan sumber yang berbeda menuliskan bahwa Ar Rahman (bahasa Arab: الرحمن), yaitu asma Dzat Allah Swt. yang memiliki mutlak nikmat panjang dunia dan akhirar yang terdiri dari huruf Alif Lam Ra Ha Mim Nun.

Ar-Rahman adalah salah satu nama yang terdapat di dalam Asmaul Husna yang mendapat tempat pertama, dan juga terdapat dalam surat pembuka (Al-Fatihah) ayat pertama. Selain itu, Ar-rahman terdapat dalam bacaan basmallah “Bismillahirrahman Nirrahim” yang bila dibaca sebelum beraktifitas kita akan mendapat nikmat yang tiada tara dan juga rezeki yang halal serta nikmat sehat setelah menyebut Nama-Nya.

Makna Ar-Rahman

Secara makna tekstual Ar Rahman artinya adalah Yang Maha Pengasih, seperti yang terdapat dalam surat Al-Fatihah Ayat 1.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Latin: bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

Dalam ayat tersebut menunjukkan bahwa nikmat yang seperti apa lagi yang diberikan oleh Allah Swt. kepada makhluknya. Secara tersurat sudah jelas bahwa Allah Swt. itu tiada tandingan-Nya dalam memberikan nikmat. Segala bentuk nikmat diberikan tanpa pilih kasih.

Dalil Tentang Ar-Rahman

Dalil tentang Ar-Rahman terdapat dalam Surat Surat Al-Isra Ayat 110 berikut:

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

Artinya: Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”. (Q.S. Al-Isra: 110)

Nah, itulah dia arti dari salah satu nama di dalam asmaul husna “Ar-Rahman” beserta makna dan dalil. Demikian artikel yang dapat freedomnesia.id bagikan tentang salah satu sifat Allah SWT. dalam asmaul husna, sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Al-Muqtadir

Poer Poer
1 min read

Arti Al-Qadir

Poer Poer
1 min read

Arti Al-Mumit

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *