Arti Al-Quddus

1 min read

Arti Al-Quddus

Al-Quddus artinya apa? Asmaul Husna adalah nama-nama lain Allah Swt. yang baik lagi indah yang mewakili masing-masing sifat-Nya Yang Maha Sempurna. Asmaul husna terdiri dari dua kata, yaitu Asma yang berarti nama (penyebutan) dan husna yang artinya baik atau indah. Jadi, Asmaul Husna adalah nama-nama milik Allah Swt yang baik lagi indah.

Jumlah Asmaul husna adalah 99 nama yang diambil dari surat-surat yang ada di dalam Al-Qur’an. Nama-nama yang ada di asmaul husna memiliki arti dan makna yang baik lagi indah, diantaranya adalah Al-Quddus yang menjadi nama ke-5 dalam Asmaul Husna. Berikut arti Al-Quddus beserta dalil yang di dalamnya terdapat al-quddus.

Arti Al-Quddus

Al-Quddus (Arab: الْقُدُّوسُ) artinya Yang Maha Suci. Kata dasar dari Al-Quddus adalah Qaddasa yang artinya menyucikan atau menjauhkan dari kejahatan, bisa juga diartikan membesarkan atau mengagungkan. Makna Al-Quddus adalah Kesucian-Nya Allah Swt. sangat bersih dari perasaaan keji, jahat, negatif dan lain sebagainya.

Al-Quddus artinya Allah Maha Suci, maksudnya bahwa kesucian yang dimiliki oleh Allah Swt. adalah sempurna. Suci yang dimaksud adalah suci dari kekurangan, suci dari cela, suci dari aib, suci dari bathil, suci dari kesalahan, dan yang lainnya.

Suci memiliki artian bersih dan murni, begitu pula bagi Allah Swt. Yang Maha Suci, bersih dan tidak dipercampurkan dengan hal apapun, apalagi dengan makhluk ciptaan-Nya. Allah Swt. tidak dipersekutukan dan juga tidak pula dipercampurkan dengan hal lain, baik apapun itu.

Jadi, yang dimaksud nama Allah “Al-Quddus” adalah bahwa Allah Swt. bersih dari segala macam kekurangan dan aib serta kesalahan. Artinya, Allah sangat amat jauh dari sifat-sifat jelek dan sangat pantas menyandang sifat-sifat baik lagi indah nan mulia.

Dalil Tentang Al-Quddus

Yang menunjukkan bahwa Allah Swt. memiliki sifat Al-Quddus terdapat dalam firman Allah Swt. dalam surat Al-Hasyr ayat 23

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Latin: Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-‘azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi ‘ammā yusyrikụn

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (QS. Al-Hasyr: 23).

Makna Al-Quddus

الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ

(Raja, Yang Maha Suci)

Yakni suci dari segala aib yang tidak layak ada pada diri-Nya. Pendapat lain mengatakan maknanya adalah Allah tidak akan menzalimi makhluk-Nya. (QS. Al-Hasyr: 23)

Surat Al-Jumu’ah Ayat 1

Al-Quddus juga terdapat dalam firman Allah Surat Al-Jumu’ah Ayat 1 berikut:

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ

Latin: yusabbiḥu lillāhi mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍil-malikil-quddụsil-‘azīzil-ḥakīm

Artinya: Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al Jumu’ah: 1)

Baca juga: Arti Al-Wakil – Arab, Ayat dan Tafsir

Nah, itulah arti dari nama asmaul husna Al-Quddus yaitu Yang Maha Suci, beserta dalil yang menyebutkan al-Quddus di dalamnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Referensi

https://tafsirweb.com/
https://brainly.co.id/tugas/3453074
https://id.wikipedia.org/wiki/Al_Quddus

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Al-‘Ahad

Poer Poer
1 min read

Arti Al-Azim

Poer Poer
2 min read

Arti Al-Qayyum

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *