Arti Al-Ghaffar

1 min read

Arti Al-Ghaffar

Al Ghaffar artinya? Sebagai seorang muslim (umat islam), kita wajib menyakini rukun iman, yang salah satunya adalah iman kepada Allah Swt. Salah satu bentuk atau wujud kita dalam mengamalkan iman kepada Allah yaitu dengan mengetahui, menghafalkan, memahami dan mengamalkan nama-nama Allah Swt.

Beberapa ulama berpendapat bahwa menghafak dan memahami makna Asmaul Hunsa dalam kehidupan sehari-hari akan menghantarkan manusia ke surga. Asmaul husna adalah nama-nama milik Allah yang memiliki makna dan arti baik lagi indah. Salah satu nama dalam asmaul husna yang memiliki arti baik lagi indah adalah Al-Ghaffar.

Arti Al-Ghaffar

Al-Ghaffar (Arab: الْغَفَّارُ) dalam asmaul husna artinya adalah Yang Maha Pengampun. Oleh karenanya ada kalimat doa “Allaahummaghfirlii” yang artinya “Ya Allah ampunilah aku”. Al-Ghaffar memiliki makna bahwa Allah maha memberi ampunan atau maaf. Jadi sebanyak dan seberat apapun dosa seorang hamba, jika ia mau minta ampuan dan bertaubat maka Allah akan memberi ampunan kepadanya.

Kata Al-Ghaffar berasal dari akar kata “Ghafara” yang artinya menutup. Allah Al-Ghaffar, jadi Allah Maha Menutupi. Apa yang ditutupi atau yang Allah tutup? yaitu Allah menutupi dosa-dosa hamba-hamba-Nya dan mengampuninya, karena kemurahan serta anugareh-Nya.

Selain itu, sebagian ulama ada juga yang menerangkan bahwa Al-Ghaffar berasal dari kata “Ghafara” yaitu sejenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dari suatu penyakit. Jika menggunakan arti ini, maka Allah maha mengobati penyakit-penyakit pada diri dan kejiwaan manusia.

Baca juga: Arti Al-‘Ahad

Dengan demikian, Al-Ghaffar selain menunjukkan bahwa Allah Maha Pengampun juga menutupi dosa-dosa hamba-Nya dan tidak menampakannya, serta maha mengobati penyakit kejiwaan pada diri hamba-Nya. Adapun dalil tentang Al-Ghaffar dalam Al-Qur’an adalah sebagai berikut.

Dalil Tentang Al-Ghaffar

Al-Ghaffar artinya Allah Maha Pengampun cukup banyak terdapat di dalam Al-Qur’an, seperti dalam Surat Az-Zumar Ayat 5 berikut.

 قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya: Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Az-Zumar : 5)

Dalam ayat tersebut “innahu huwal gafurur rahim”(Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang) memiliki tafsir yaitu bahwa ampunan dan rahmat Allah sangat besar dan luas. Maka barangsiapa yang menyangka bahwa membuat hamba-hamba Allah berputus asa dari rahmat-Nya lebih baik daripada kabar gembira yang diberikan Allah bagi mereka sebagaimana yang banyak dilakukan oleh para penceramah dan pemberi nasehat, maka ia telah melakukan kesalahan yang paling besar dan paling buruk.

Contoh Perilaku Al-Ghaffar

Al-Ghaffar artinya Allah SWT Maha Pengampun, jadi sebagai seorang muslim kita wajib menjadikan Al-Ghaffar sebagai cerminan dalam berperilaku sehari-hari. Adapun contoh perilaku yang meneladani Al-Ghaffar adalah sebagai beirkut:

  1. Berlapang dada dan menerima baik dan buruknya seseorang.
  2. Memaafkan orang-orang yang berlaku salah pada diri kita.
  3. Tidak mengumbar aib orang.
  4. Tidak mengungkit-ngungkit kesalahan orang terhadap diri kita.
  5. Memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengubah dirinya.
  6. Tidak menyimpan amarah atau dendam di dalam hati.
Nah, itulah arti Al Ghaffar yaitu Allah Maha Pengampun besert dalil yang terdapat al-ghaffar di dalamnya, serta contoh perilaku yang mencerminkan asmaul husna “Al-Ghaffar” Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai asmaul husna dan semoga bermanfaat.
Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Al-Mumit

Poer Poer
1 min read

Arti Al-Hayyu

Poer Poer
1 min read

Arti Al-Fattah

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *