Allahumma Shoyyiban Nafi’an

1 min read

Allahumma Shoyyiban Nafi'an

Allahumma Shoyyiban Nafi’an – Bagi sebagian orang ketika turun hujan adalah sesuatu yang cukup menganggu dan bisa membuat perasaan gelisah. Karena aktivitas yang umumnya dilakukan di luar ruangan tidak bisa dilakukan, karena terjadinya hujan tersebut. Umumnya banyak orang yang mengeluh jika terjadinya hujan, seperti pakaian yang dijemur tidak kering dan sebagainya.

Namun, tahukah Anda bahwa saat turun hujan merupakan waktu yang sangat tepat atau bahkan waktu emas untuk berdoa. Sebab saat hujan turun adalah saat mustajabnya doa, artinya do’a semakin mudah untuk terkabulkan.

Oleh karena itu, banyak orang berdoa ketika sedang turun hujan. Salah satu bacaan doa ketika turun hujan singkat yang baik untuk diucapkan adalah Allahumma Shoyyiban Nafi’an. Lalu apa arti dari doa singkat tersebut? berikut penjelasannya!

Allahumma Shoyyiban Nafi’an

Allahumma shoyyiban nafi’an adalah potongan hadits yang memiliki arti “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”. Kalimat tersbeut merupakan doa yang sangat amat baik dibaca ketika turun hujan, yaitu memohon diturunkannya hujan yang bermanfaat. Doa yang dipanjatkan tersebut adalah:

Allahumma Shoyyiban Nafi'an

Doa Ketika Turun Hujan :

  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Allahumma shoyyiban nafi’an”

Artinya : “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat

Doa tersebut dipanjatkan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan. Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya: “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)”.  (HR. Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol juga mengatakan bahwa hadits tersebut berisi anjuran untuk berdoa ketika turun hujan agar mendapat kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu juga semakin banyak kemanfaat yang di dapat.

Al Khottobi mengatakan, “Air hujan yang mengalir adalah suatu karunia.”

Dalil Tentang Hujan

Dalil al-Qur’an tentang turunnya hujan terdapat dalam surat Asy-Syura Ayat 28 yang berbunyi sebagai berikut.

وَهُوَ ٱلَّذِى يُنَزِّلُ ٱلْغَيْثَ مِنۢ بَعْدِ مَا قَنَطُوا۟ وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُۥ ۚ وَهُوَ ٱلْوَلِىُّ ٱلْحَمِيدُ

Artinya: Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji. (Q.S. Asy Syura : 28)

Dalam dalil tersebut dijelaskan bahwa Dia lah Allah Swt. yang menurunkan hujan kepada hamba-hamba-Nya sete;ah mereka putus asa dari turunnya hujan , dan menyebarkan rahmat-Nya dengan hidupnya bumi setelah turun hujan, dan Dia lah yang mengatur semua urusan hamba-hamba-Nya dan Dia Maha Terpuji atas segala hal.

Manfaat Hujan

Hujan memiliki banyak manfaat yang tidak cuman untuk manusia, tapi juga untuk makhluk lain. Adapun beberapa manfaat dari hujan adalah sebagai berikut.

  1. Menyuburkan Tumbuhan. Manfaat hujan yang pertama adalah menyuburkan tanaman atau tumbuhan. Hal ini adalah sesuatu yang sudah pasti, karena tumbuhan memerlukan air untuk tumbuh dan berkembang, karena air berperan sebagai air minum bagi tumbuhan.
  2. Persediaan Air Minum. Hujan juga bermanfaat sebagau salah satu penyedia air minum bagi tumbuhan, hewan dan manusia. Meskipun kita telah mengetahui bahwa air minum biasanya diambil dari sumber air yang ada di tanah, namun ternyata air minum juga bisa disediakan oleh air hujan. Dan sumber air semakin melimpah dengan adanya hujan.
  3. Menjaga Kelangsungan Hidup Manusia. Manusia sangat membutuhkan air, keberadaan air sangat penting bagi manusia. Air dapat dimanfaatkan di berbagai bidang. Salah satu sumber air yang bisa dikonsumsi manusia adalah dari air hujan,

Setelah mengetahui penjelasan di atas, semoga semakin membuat Anda bersyukur atas karunia Allah Swt. berupa turunnya hujan, bukannya malah mengeluh ini itu. Manfaatkan moment turun hujan tersebut untuk memanjatkan doa dan memohon segala hajat kepada Allah Swt. menyangkut urusan dunia dan akhirat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Poer
Poer Nothingツ
Poer Nothingツ

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil

Poer Poer
2 min read

Arti Ahlan Wa Sahlan

Poer Poer
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *