Pengertian Akomodasi

3 min read

Pengertian Akomodasi

Apa arti akomodasi? Secara umum, Akomodasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah atau konflik yang terjadi antara dua pihak atau lebih sehingga dapat tercapai suatu keadaan yang lebih kondusif.

Pengertian Akomodasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Akomodasi memiliki beberapa pengertian. Berdasarkan kata benda, akomodasi adalah sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan, seperti tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang sedang bepergian, contohnya seperti hotel.

Dalam Biologi, akomodasi diartikan sebagai bentuk penyesuaian mata untuk menerima batangan yang jelas dari objek yang berbeda. Dalam antropologi, akomodasi diartikan sebagai penyesuaian manusia dalam kesatuan sosial guna menghindari dan meredakan ketegangan atau konflik.

Dalam Sosiologi, akomodasi diartikan sebagai penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan. Sedangkan dalam pelayaran, akomodasi diartikan sebagai kamar atau ruang tempat tinggal yang digunakan oleh awal kapal dan penumpang kapal.

Dengan demikian, arti akomodasi secara umum adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah antara beberapa pihak tanpa menjatuhkan salah satu pihak. Dengan adanya akomodasi ini diharapkan semua pihak yang bertikai akan mendapatkan win-win solution.

Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

Menurut Soekanto (1990), akomodasi adalah suatu keadaan yang memiliki keseimbangan interaksi antar individu di suatu masyarakat dalam berbagai usaha yang dilakukan manusia untuk meredakan berbagai pertentangan seperti usaha yang dilakukan untuk mencapai kestabilan.

Sebenarnya, istilah akomodasi ini sering digunakan untuk beberapa bidang. Misalnya di bidang perhotelan, psikologi, traveling, dan mata. Nah, berikut ini adalah beberapa pengertian dari berbagai jenis-jenis bidang tersebut.

Jenis-Jenis Akomodasi

Pengertian Akomodasi
Akomodasi Perhotelan

Berikut beberapa jenis akomodasi dalam berbagai bidang, mulai dari akomodasi perhotelan, psikologi, mata dan pariwisata. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Akomodasi Perhotelan

Akomodasi perhotelan adalah sarana hotel dalam menyediakan jasa pelayanan penginapan yang dilengkapi dengan pelayanan makan dan minum serta jasa lainnya. Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan seluruh bangunan dalam menyediakan pelayanan, mulai dari penginapan, makan dan minum, serta jasa lainnya yang dikelola secara komersil.

2. Akomodasi Sosiologi

Akomodasi adalah suatu istilah yang sering digunakan sosiologi untuk mendeskripsikan suatu keadaan dimana individu ataupun kelompok yang sedang bersaing / berkonflik berusaha menyesuaikan hubungan mereka. Hal ini dinilai dapat mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Akomodasi merupakan suatu istilah yang digunakan oleh sosiolog dalam menggambarkan berbagai adaptasi sosial, seperti seorang individu atau kelompok yang diawal bertentangan kemudian mengadakan penyesuaian diri untuk mengatasi berbagai ketegangan yang sedang terjadi. (Gillin dan Gillin dalam Soekanti: 1990)

3. Akomodasi Mata

Akomodasi mata merupakan bentuk akomodasi dalam bidang Biologi, yaitu penyesuaian mata untuk melihat dan penfokusan penglihatan. Akomodasi mata dipengaruhi oleh daya akomodasi mata, yaitu kemampuan mata dalam mencembungkan atau memipihkan mata. Hal tersebut bisa tejadi karena bertambahnya usia yang menyebabkan kesulitan dalam melihat.

3. Akomodasi dalam Pariwisata

Sedangkan dalam parawisata atau traveling, kata akomodasi biasanya berhubungan dengan fasilitas penginapan bagi orang yang sedang berpergian, contohnya hotel dan penginapan lainnya. Istilah yang berkaitan dengan Mata, kata akomodasi biasanya berhubungan dengan penyesuaian mata untuk melihat atau pemfokusan penglihatan.

Mengacu pada pengertian istilah akomodasi di atas, tujuan utama dari akomodasi dalam psikologi adalah agar dapat mengurangi atau menyelesaikan masalah yang terjadi antar individu atau pada kelompok. Tidak jarang konflik yang terjadi biasanya sulit ditangani sehingga diperlukan adanya pihak ketiga yang menjadi perantara. Berikut beberaapa tujuan dari akomodasi secara umum.

Tujuan Akomodasi

Tujuan pokok akomodasi adalah mengurangi dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada individu atau kelompok. Adapun beberapa tujuan akomodasi lainna adalah sebagai berikut:

  • Meminimalisir terjadinya konflik antar individu ataupun kelompok yang diakibatkan oleh adanya perbedaan paham.
  • Mencegah potensi terjadinya konflik lebih besar yang dapat mengakibatkan peperangan.
  • Memungkinkan terwujudnya kerjasama antara beberapa kelompok sosial yang hidup secara terpisah karena perbedaan faktor budaya dan sosial.
  • Menyatukan kelompok-kelompok sosial dengan latar belakang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.

Baca juga: Pengertian Mediasi

Bentuk Akomodasi

Pengertian Akomodasi
Bentuk akomodasi

Sesuai dengan definisi akomodasi yang telah dibahas di atas, ada beberapa bentuk akomodasi yang sering dilakukan untuk menyelesaikan pertikaian. Adapun bentuk-bentuk akomodasi diantaranya sebagai berikut:

1. Kompromo

Kompromi adalah bentuk akomodasi dimana pihak-pihak berkonflik melakukan musyawarah agar dapat mengurangi tuntutannya sehingga konflik dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan segera.

2. Konsiliasi

Konsiliasi merupakan bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai ini melakukan pertemuan untuk mencari jalan tengah dari masalah yang biasanya terjadi sehingga pertikaian dapat diselesaikan.

3. Stalemate

Stalemate merupakan suatu bentuk akomodasi dimana salah satu pihak yang bertikai berhenti pada satu titik tertentu sebagai akibat terjadinya keseimbangan kekuatan masing-masing pihak.

4. Coercion

Coercion adalah bentuk dari akomodasi dimana pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksa. Umumnya Coercion ini dilakukan karena salah satu pihak yang bertikai berada pada posisi yang lebih lemah, atau kekuatannya tidak terlalu seimbang.

5. Arbitrasi

Arbitrasi adalah suatu bentuk akomodasi yang dalam pelaksanaannya menghadirkan pihak ketiga yang berperan sebagai penengah atau perantara. Pihak ketiga tersebut dipilih berdasarkan persetujuan pihak-pihak yang berselisih sehingga mereka dapat melakukan kompromi.

6. Toleransi

Pengertian akomodasi dalam bentuk toleransi pada pelaksanaannya mengandalkan asas saling pengertian antar pihak yang berselisih. Toleransi ini dilakukan tanpa adanya persetujuan dari salah satu pihak yang berselisih.

7. Ajudikasi

Ajudikasi adalah suatu bentuk dari akomodasi dimana pelaksanaannya melalui proses pengadilan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Umumnya ajudikasi ini dilakukan jika pihak-pihak yang berselisih tidak dapat menyelesaikan masalah dengan berbagai cara.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian akomodasi dalam interaksi sosial, sosiologi, perhotelan, biologi, tujuan akomodasi, serta bentuk-bentuk akomodasi secara umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Pengertian Interpretasi

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Diskriminatif

Avatar Freedoms
2 min read

Pengertian Empiris

Avatar Freedoms
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *